Tambang Emas Terbesar di Indonesia
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki sumber daya alam begitu melimpah dan salah satunya adalah emas. Bahkan Indonesia merupakan salah satu negara produsen emas terbesar di dunia, dengan penyebaran tambang emas begitu banyak di berbagai daerah di Indonesia.
Tambang emas di Indonesia sendiri terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari tambang emas skala kecil hingga tambang emas skala besar. untuk kualitas emas yang dihasilkan dari tambang emas Indonesia tidak perku diragukan lagi, dengan pengelolaan yang baik dan teknologi mutakhir hasil emas tambang Indonesia memiliki kualitas bagus dan sudah diakui oleh dunia.

Tambang emas Indonesia tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Tambang emas di Indonesia sendiri tersebar di beberapa wilayah potensial baik skala kecil maupun skala besar, nah berikut ini adalah daftar tambang emas terbesar di Indonesia yang sudah terkenal hingga dunia Intenasional, berikut daftarnya.
– Grasberg Papua  

Tambang emas terbesar di Indonesia dan tambang emas terbsar ketigadi dunia  ini terletak di Provinsi Papua. Tambang emas ini dikelola olehperusahaan asal Amerika Serikat Freeport McMoran melalui operator tambang Freeport Indonesia. Baru-baru ini Indonesia berhasil mengambil alih saham Freeport sebesar 51%.
– Tujuh Bukit, Banyuwangi  

Tambang Tujuh Bukit atau lebih dikenal dengan sebutan Tumpang Pituadalah yang terbesar kedua di indonesia dan termasuk yang terbesar didunia. Tambang yang terletak di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini dikelola oleh PT BSI (Bumi Suksesi Indo). Penambangan terbuka di daerah ini dimulai pada tahun 2016. Diperkirakan ada sekitar 28jt Ons Emas di dalamnya.
– Tujuh Bukit, Banyuwangi  

Tambang Tujuh Bukit atau lebih dikenal dengan sebutan Tumpang Pitu
adalah yang terbesar kedua di indonesia dan termasuk yang terbesar di
dunia. Tambang yang terletak di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini dikelola oleh PT BSI (Bumi Suksesi Indo). Penambangan terbuka di daerah ini dimulai pada tahun 2016. Diperkirakan ada sekitar 28jt Ons Emas di dalamnya.
– Pujon, Kalimantan Tengah  

Sejak zaman dahulu, tanah borneo atau Kalimantan telah menjadi primadona dunia berkat kekayaan sumber daya alamnya yang sangat luar biasa, salah satunya adalah emas. Disini juga dilakukan proyek penambangan emas di wilayah Kapuas, Kalimantan Tengah. Diperkirakan bahwa tambang emas Pujon ini masih memiliki cadangan emas untuk beberapa puluh tahun kedepan.
– Batu Hijau, Sumbawa NTT  

Setidaknya, ada sekitar 2, 77 juta ons emas mentah yang telah berhasil didapatkan dari lokasi penambangan tambang emas batu hijau di wilayah Sumbawa ini, sejak mulai di buka tahun 2000 lalu. Dengan banyaknyapotensi besar yang dihasilkan tersebut, membuat tambang emas batu hijau ini juga dilirik oleh beberapa negara tetangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here