PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) memiliki komitrmen untuk memajukan industri nasional. Hal ini sejalan dengan pengembangan kawasan industr yang kian massif. Dengan adanya kawasan industri maka hal ini menjadi syarat untuk mendongkrak kinerja perekonomian nasional. Terlebih lagi, Indonesia sejak dulu sudah memiliki masalah yang sama yakni ketimpangan pembangunan dan pemerataan ekonomi.

Dengan adanya kawasan industri maka dapat mengembangkan potensi lokal dan keunggulan komoditas di daerah dapat mengikis masalah yang sudah ada sejak lama. Pemerinah telah menempuh rute untuk merealisasikan pemerataa pembangunan dan mengikis ketimpangan yang ada.

Kementerian Perindustrian menyebutkan bahwa terdapat target pembangunan 10 kawasan industri baru yang akan di bangun pada 2019. Namun hingga saat ini target 10 kawasan industri telah selesai dan rencananya pada pada akhir tahun 3 kawasan industri akan rampung pembangunannya.

Direktur Keuangan PGN, Said Reza Pahlevi mengungkapkan bahwa hal tersebut tentu patut diapresiasi, dan sejalan dengan program Nawacita yang diusung pemerintah guna membangun perekonomian nasional agar lebih berkualitas.

PGN telah mengambil peran untuk menyukseskan kinerja kawasan industri. Selain itu PGN juga siap menyokong realisasai pembangunan kawasan industri baru yang rencanakan di bandung di Purwakarta, Jawa Barat.

Terkait dengan hal tersebut, PGN telah menekan MoU bersama dengan Perum Jasa Tirta dan PT Multi Optimal Sentosa (MOS). MoU tersebut berisi bahwa PGN akan menopang sebagaimana kemampuan dan sumber daya yang dimiliki untuk digunakan bagi MOS.

Kemudian MoI akan dimatangakan ke dalam surat perjanjian ataupuun dokumen tertulis lainnya. Perjanjian kerja sama tersebut nantinya akan dijadikan acuan untuk pemanfaatan fasilitas dan skema teknis lainnya.

Salah satu kawasan industri yang telah menggunakan layanan PGN adalah Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur. Kawasan industri tersebut dikelola oleh PT Berkah Kawasan Manyaran Sejaktera. Selain berkomitmen untuk menopang kebutuhan energi di kawasan industri, PGN juga menjanjikan nilai lebih penggunaan gas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here