Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengubah formula dari harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium. Tujuannya adalah untuk membuat harga yang ditetapkan nantinya lebih adil bagi konsumen serta PT Pertamina selaku badan usaha yang mendapatkan penugasan tersebut.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan bahwa formula baru mengenai harga BBM jenis premium saat ini dalam proses pembahasan. Sehingga saat ini pihaknya belum dapat menjelaskan detail dari formula baru yang dimaksud tersebut.

Arcandra juga menjelaskan bahwa formula beru tersebut mengacu pada harga minyak dunia pada tahun 2017. Pembentukan harga BBM penugasan dapat mencemirkan harga keekonomian yang sebenarnya. Sementara bagi masyarakat formula tersebut dipercaya dapat membuat harga menjadi lebih efisien.

Arcandra menambahkan bahwa harga minyak dunia dapat berubah, dan untuk saat ini berdasarkan harga sejak 2017. Efeknya bagi Pertamina adalah akan mendapatkan formula yang mencerminkan real cost-nya.

Direktur Eksekutif Reforminer Insitute Pri Agung Rahmanto mengungkapkan bahwa harus ada esensi atau tujuan dalam perubahan formula harga. Hal ini disebabkan karena elemen harga komoditas ini sebenarnya selalu ada subsidi terkait dengan APBN, insentif, dan margin untuk pelaku usaha yang bertujuan untuk menjaga pasokan.

Pri memastikan bahwa harga tersebut harus dijangkau oleh masyarakat dan bukan hanya sekedar perubahan, tapi tujuannya harus dirasakan oleh masyarakat. Jika tidak dihitung secara benar Pri mengungkapkan bahwa perubahan tersebut justru akan membebani masyarakat dan membuat impikasi tidak kondusif. Sebagai contoh dalamdisinsentif pada Pertamina dalam penyaluran dan pendistibusikan energi.

Menurut Pri, yang terpenting adalah bukan perubahan formula baru, melainkan evaluasi serta penyesuaian harga secara berkala seperti yang dilakukan sebelumnya yakni tiga bulan sekali.

Perlu diketahu bahwa selain formula harga Premium, Arcandra menjelaskan bahwa pemerintah juga akan merevisi formula harga solan dan LPG. Akan tetapi formula yang baru tersebut masih belum dapat diterapkan. Kompinen formula dari harga Premium yang baru telah menjadi sorotan adalah mean of platts Songapore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here