Suntikan dana Unicorn saat ini tengah ramai dibahas karena selamatkan investasi Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, pemerintah tengah mendorong perusahaan-perusahaan startup untuk menjadi unicorn. Dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, Rudiantara berharap akan mempermudah munculnya startup dan unicorn baru di Indonesia.

“Kita harus dorong startup di Indonesia karena dari mereka ini muncul pemikiran-pemikiran baru. Kalau startup sudah divaluasi secara bisnis, barulah kita bahas unicorn,” ujarnya.

Upaya pertama yang dilakukan pemerintah adalah dengan mempermudah perizinan masyarakat yang ingin mengembangkan bisnis digitalnya, dari startup hingga menuju unicorn.

Rudiantara menjelaskan untuk menjadi startup, pelaku hanya perlu registrasi sebagai penyelanggara sistem elektronik secara online. Pun, jikalau nantinya perlu izin akan disesuaikan dengan sektornya masing-masing. Misalnya, di sektor fintech maka dapat mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Upaya kedua, yakni pemerintah berupaya memberikan fasilitas di bidang teknologi untuk masyarakat. Salah satunya melalui Program 1000 Startup Digital, dengan membimbing startup melalui langkah inkubasi dan akselerasi. Program tersebut nantinya ditujukan untuk menyiapkan pelaku-pelaku bisnis yang ingin menjadi startup dan unicorn.

Upaya ketiga, yakni apabila para startup tersebut sudah mampu berbisnis dengan baik, Kominfo akan mempertemukan mereka dengan pihak venture capital (VC), baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, dengan membentuk komite Rudiantara berharap dapat mengakselerasi tambahan unicorn-unicorn baru.

Upaya lainnya, lanjut Rudiantara, yakni dari segi infrastruktur dan pembangunan, pemerintah turut meluncurkan Palapa Ring. Dengan demikian menurutnya, akan membuka kesempatan yang lebih luas lagi bagi masyarakat, khususnya anak muda dalam berpartisipasi menjadi pendiri startup dan unicorn-unicorn baru di Indonesia.

Pengusaha dan investor Tjandra Limanjaya Bicara Investasi

Menurut Tjandra Limanjaya, langkah Pemerintah Indonesia selama ini telah memberikan akses mudah bagi para pengusaha untuk menanamkan investasi di Indonesia. Untuk beberapa Unicorn di Indonesia harus bisa mengembangkan bisnisnya agar bisa menjadi Decacorn atau atasnya lagi.

Lalu siapa Tjandra Limanjaya? Beliau merupakan pengusaha Indonesia yang sudah melakukan berbagai sektor investasi di Indonesia, salah satu diantaranya adalah di sektor pariwisata. Wilayah Bali dan Lombok merupakan tempat yang dipilih beliau untuk sektor pariwisata.

Terkait investasi Unicorn, Tjandra berharap jika hal ini tersebut akan berdampak positif untuk menarik investor dari luar negeri lagi dan lagi. Hal ini juga akan menjadi kesempatan bagi Start-up untuk dapat bekerja sama dengan investor asing.

Tjandra Limanjaya berharap agar semakin banyak pengusaha start-up di Indonesia, dan yang sudah menjadi Unicorn bisa naik level yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here