Pariwisata Indonesia kembali berbangga. Kali ini Pariwisata Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar pariwisata terpopuler di dunia versi World Travel & Tourism Council (WTCC).

World Travel & Council (WTCC) merupakan salah satu lembaga dunia yang konsen di bidang industri travel dan pariwisata yang berbasis di London, Inggris. WTCC lembaga kredibel dan memang expert sebagai lembaga yang mengurusi segala urusan tentang pariwisata di dunia.

Ranking yang dikeluarkan oleh WTCC memang setiap tahunnya selalu dikeluarkan. Ranking tersebut menjadi bahan acuan bagaimana suatu Negara dikatakan masuk dalam peringkat terbaik dikarenakan kekuatan dan performa pariwisata Negara tersebut.

Penilaian dilakukan berdasakan perkembangan kepariwisataan selama beberapa tahun belakangan. Khususnya dari pertumbuhan secara global, spending wisatawan mancanegara, spending wisatawan domestik (nusantara), dan investasi pemerintah.

Dalam daftar ranking yang dikeluarkan secara resmi oleh WTCC 10 besar Negara tersebut adalah China, Amerika Serikat, dan India, menempati posisi tiga besar. Sedangkan Indonesia menempati peringkat ke-9.

Yang membuat bangga, posisi ini terbaik diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya. Seperti Thailand yang berada di peringkat 12, Filipina dan Malaysia di peringkat 13, dan Singapura di peringkat 16, serta Vietnam di posisi 21.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut gembira hasil yang dikeluarkan oleh WTCC bagi pariwisata Indonesia. Hal ini akan semakin menguatkan industri pariwisata di Indonesia yang saat ini sedang berkembang pesat dan mulai masuk dalam tatanan pariwisata dunia sebagai penggerak ekonomi rakyat.

“Pariwisata sebagai core economy, kini menjadi tujuan kita bersama, tak hanya segenap insan Kemenpar, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia. Dalam beberapa tahun ke depan kita akan bertransformasi menjadi sebuah negara besar yang sebagian ekonominya kokoh ditopang dan didukung oleh sektor pariwisata,” Ujar Arief Yahya.

Kedepannya banyak hal yang harus dilakukan oleh pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata untuk semakin mengembangkan beberapa destinasi pariwisata unggulan yang masih belum tergarap dengan baik agar nantinya bisa memberikan dampak bagi positif bagi pariwisata Indonesia dan tentunya bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here