Batam menjadi salah daerah di Indonesia yang masuk dalam tujuan Investasi di Indonesia, imbasnya pertumbuhan ekonomi di Batam terdongkrak dan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada kuartal satu 2018 lalu dorongan pertumbuhan ekonomi Provinsi Batama menyentuh angka 4,51 persen disumbangkan oleh pertumbuhan investasi (Pembentukan Modal Tetap Bruto-PMTB) sebesar 7,68 persen.

Dukungan semua pihak memang diperlukan untuk menghadirkan Investasi di Batam. Kepastian hukum, keamanan investor menjadi beberapa hal penting yang memang faktor penting penentu masuknya investor masuk ke Batam.

Untuk menghadirkan keamanan dan kepastian hukum bagi investor yang menanamkan modalnya di Batam, Pemerintah Provinsi Batam menggandeng pihak seperti aparat kepolisian menjaga keamanan dan pastinya membuat kebijakan pasti secara legal agar payung hukum melindungi investor membuat investor merasa tenang melakukan Investasi di Batam.

Hingga Juni 2018, rencana investasi di Batam senilai $391.835.900. Sementara realisasi investasi tertinggi, berada di sektor indutri logam mesin dan elektronik sebesar 80 persen.

Pada periode Januari-Maret 2018 terjadi lonjakan Investasi di Batam, tercatat periode tersebut Investasi di Batam meningkat hingga 400 persen.

Dari data pendaftaran penanaman modal (PPM) di Pelayanan Terpadu Satu Pintu, investasi yang masuk ke Batam pada periode Januari-Maret 2018 sebesar USD 220 juta mencakup 55 proyek, dengan tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 2.592 orang.

Sedangkan pada periode sebelumnya tercatat sebesar USD 50 juta dengan 13 proyek yang masuk, dan tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 411 orang.

Banyak proyek yang masuk ke Batam pada awal tahun ini lebih dominan dari negara Tiongkok, terbukti sudah ada yang berinvestasi seerti di sektor produksi plastik dan sektor ritel.

Di Kuartal kedua ini Investasi di Batam akan terus mengalami peningkatan seiring iklim investasi dan kepastian ekonomi Indonesia maupun Global yang mengarah kearah positif. Hal ini bebarengan mengali sentiment positif, jika hal ini terus berlangsung bukan tidak mungkin Batam akan menjadi salah satu daerah dengan nilai Investasi tertinggi di Indonesia bagian Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here