Di awal tahun 2019 ini, Indonesia telah menunjukkan diri sebagai negara yang berdaulat di sektor energi. Capaian tersebut di ungkapkan Presiden Joko Widodo melalui akun instagramnya. Beberapa pencapaian di sektor energi tersebut menunjukan bahwa pemerintah memiliki komitmen dalam mengupayakan kedaulatan negara atas sektor energi.

Pada akun media sosial tersebut, Jokowi mengungkapkan bahwa sejak 1 Januari 2018 blok Mahakam kembali dikelola sepenuhnya oleh Pertamina. Selama 50 tahun daerah yang terkenal kaya dengan minyak dan gas di Kalimantan ini dikuasai oleh kontraktor asing dari Prancis dan Jepang.

Selain itu, Blok Rokan yang berada di Riau juga telah dikuasai oleh pemerntah dan dikelola oleh Pertamina. Sebelumnya Blok Rokan dikuasai oleh perusahaan Amerika, Chevron. Pemerintah melalui Kementerian ESDM telah menugaskan Pertamina untuk mengelola delapan blok migas yang masa kontraknya habis pada 2018.

Delapan blok tersebut antara lain Blok Mahakam dan Blok Rokan, Blok Tuban yang berada di Jawa Timur, Blok Ogan Komering yang berada di Sumatera Selatan, Blokk South East Sumatera yang dilepas di Lampung dan Jakarta, Blok North Sumatera Offshore yang berada di pesisir Sumatera, Balok Attaka di Kalimantan Timur, Blok Tengah dan Blok Sanga-Sanga.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa hal yang cukup sulit adalah ketika mengambil alih sektor energi tambang Freeport di Papua. Negosiasi tersebut membutuhkan waktu hingga 3,5 tahun. Indonesia saat ini telah memiliki saham mayoritas 51% dari salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia ini. Sebelumnya selama 40 tahun Indonesia hanya mendapatkan bagi hasil pengolahan sebesar 9,3 persen dari tambang ini. Negosiasi yang panjang tersebut telah membuahkan hasil untuk rakyat Indonesia.

Capaian di sektor energi yang diungkapkan Presiden Joko Widodo tersebut disambut baik para warganet dan mendapatkan ribuan komentar positif. Warganet ikut berbangga atas capaian dari pemerintah. Upaya-upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat semoga dapat terus dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here