Indonesia kembali masuk peringkat 10 besar setelah sebelumnya turun sebagai salah satu Negara teraman di dunia versi GALLUP 2018.

Gallup sendiri merupakan acara tahunan jajak pendapat dalam Global Law and Order Report yang membahas mengenai tingkat keamanan negar-negara di dunia.

Beberapa waktu yang lalu tahun 2015 Indonesia pernah menempati urutan keempat Negara teraman di dunia versi GALLUP. Kemudian tahun 2016 posisi Indonesia melorot jauh ke posisi 17 dan semakin merosot di posisi 23 pada tahun 2017. Beberapa faktor memang menjadi alasan posisi Indonesia bisa melorot sejauh itu. Hingga akhirnya di tahun 2018 Indonesia kembali naik masuk 10 besar Negara teraman di dunia.

GALLUP sendiri dalam menentukan Negara tersebut berada di posisi berapa dengan melakukan perhitungan nilai dan ranking berdasarkan indikator keamanan yang diajukan dalam riset. Sampai 2016, lembaga tersebut memiliki tiga indikator keamanan. Pertama, rasa percaya pada aparat keamanan setempat. Kedua, rasa aman ketika berjalan sendirian di malam hari. Ketiga, pernah atau tidak kehilangan uang atau barang dalam dua belas bulan terakhir.

Mulai 2017 GALLUP, indikator ditambah satu, yaitu pernah tidaknya diserang atau dirampok dalam dua belas bulan terakhir. Keempat indikator tersebut dinilai mampu menggambarkan tingkat kemanan di negara yang diteliti.

Selain mendapatkan peringkat di Negara teraman di dunia no 9 versi GALLUP 2018, Indonesia juga meraih peringkat melaui survey yang dilakukan oleh US News telah melakukan survey yang bertajuk 2018 Best Contries dan menempatkan Indonesia di posisi kedua sebagai negara dengan investasi terbaik. Hal tersebut merupakan hasil survey dari 21.000 orang di seluruh dunia. Dalam survey tersebut salah satu isu yang diangkat adalah negara terbaik untuk berinvestasi di dunia.

Beberapa capaian ini menjadi bukti bahwa Indonesia memang berada di jalan yang tepat dalam proses pembangunan Negara dari Negara berkembang menjadi Negara maju. Seluruh kebijakan baik dalam negeri maupun kebijakan internasional mampu membawa dampak baik bagi Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here