sumber SINDOnews

Fitch Rating sebagai salah satu lembaga survey baru-baru ini mengeluarkan rilis terbarunya tentang Indonesia sebagai salah satu Negara layak investasi. Fitch memberikan afirmasi atas sovereign credit rating Republik Indonesia pada level BBB/outlook stabil.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, pemberian rating Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil merupakan gambaran jelas bahwa keyakinan lembaga rating atas perekonomian Indonesia. Komitmen untuk selalu mmenjaga stabilitas, dan memperkuat ketahanan ekonomi di tengah ketidakpastian global menjadi kunci kesuksesan Indonesia. Hal itu dikatakannya mencerminkan kebijakan otoritas yang kredibel dan memberikan iklim kepastian berinvestasi.

“Ke depan, koordinasi antarotoritas dalam rangka implementasi bauran kebijakan, termasuk upaya perbaikan defisit transaksi berjalan, akan terus diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi serta menjaga momentum pertumbuhan ekonomi,” ujar Perry dalanm siaran persnya, Senin 3 September 2018.

Keputusan Fitch Rating terhadap Indonesia dipengaruhi beberapa faktor diantaranya beban utang pemerintah yang relatif rendah, dan prospek pertumbuhan ekonomi yang baik di tengah tantangan sektor eksternal, yang antara lain berasal dari tingginya ketergantungan terhadap pembiayaan eksternal, serta indikator struktural lainnya yang masih di bawah negara peers.

Adapun beberapa kebijakan yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk menaikan suku bunga dan intervensi valas karena tekanan ekonomi global seperti yang terjadi di beberapa Negara berkembang saat ini menjadi bentuk keseriusan pemerintah menjaga kestabilan ekonomi di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia dan beban utang Pemerintah juga dinilai lebih baik dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Pertumbuhan PDB Indonesia diperkirakan meningkat menjadi 5,2 persen pada 2019, dan akan mengalai peningkatan sebesar 5,3 persen pada 2020 dengan didukung oleh belanja infrastruktur publik yang berkelanjutan di beberapa sektor pembangunan daerah. Sementara tingkat utang pemerintah juga lebih baik dari median utang negara berkembang lainnya.

Peringkat dari Fitch Rating Indonesia sebagai Negara layak investasi menjadi angina segar bagi Indonesia. Hal positif lainnya ditengah ketidakpastian ekonomi global diharapkan membuat investasi asing akan kembali masuk ke Indonesia setelah beberapa hari ini terlihat lesu akibat tekanan ekonomi global yang menyerang beberapa Negara berkembang di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here