PT Perusahaan Listrik Negara PLN memberikan keterangan bahwa 2019 Indonesia akan semakin kompetitif untuk harga listrik. Salah satu faktor adalah 2019 PLN akan mengoperasikan pembangkit listrik dengan kapasitas 35.000 MW.

Pihak PLN melalui Direktur Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS mengatakan, saat ini dan selanjutnya PLN dan pemerintah telah berkomitmen untuk tidak menaikkan tarif listrik semua golongan hingga 2019. Kebijakan ini untuk menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industry lebih kompetitif terhadapa

“Tarif sesuai dengan arahan pemerintah, sampai 2019 tidak ada kenaikan tarif,” kata Haryanto, dalam sebuah pertemuan, di Jakarta, Senin (14/5).

Tarif listrik di 2019 bisa dibilang akan semakin semakin rendah karena teknologi yang digunakan pembangkit semakin canggih dan ini bisa berimbas kepada biaya operasi. Dengan begitu, biaya produksi listrik bisa semakin murah. Haryanto mencontohkan, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) rata-rata USD 4 sen per kilo Watt hour (kWh) dan ini bisa dibilang sangat murag daripada pembangkit listrik lainnya.

“Insyaallah setelah 2019 beroperasinya pembangkit besar tarif listrik PLN lebih kompetitif lagi,” ujarnya.

Menurut Haryanto selaku Direktur PLN Regional Jawa Bagian Barat menyebutkan bahwa beroperasinya pembangkit listrik berkapasitas 35.000 MW juga akan berdampak pada ketersediaan pasokan yang akan semakin besar, untuk sektor industry diharapkan akan terus tumbuh dan berkembang karena kebutuhan listriknya bisa dipenuhi. Ini kemudian diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bagi sektor industry.

“Ini akan mendorong tumbuhnya industri di dalam negeri. Kami mohon dapat dukungan stakeholder agar infrastruktur dimanfaatkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Bali,” tandasnya.

Salah satu keinginan warga dan pelaku usaha sektor industri memang sangat rasional dan salah satunya adalah tidak naiknya pasokan listrik dan kecukupan pasokan listrik yang selalu terjaga sehingga kegiatan industry terus berjalan.

Pemerintah melalui PT PLN selalu berdedikasi untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, infrastruktur dan pembangunan berbagai pembangkit listrik di berbagai daerah bisa menjadi salah satu pendorong pasokan listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here